Pemerintah China Keluarkan Peringatan Bahaya Nonton Drama Korea



BEIJING - Popularitas drama seri di stasiun televisi KBS2 yang berjudul Descendants Of The Sun di China tampaknya membawa pemerintahan mereka ke tepian.

Karena setelah pada 2014 salah seorang warga mereka terkena serangan jantung akibat terlalu lama menonton drama Korea. Pada Maret 2016 ini, ada korban kedua jatuh. Yakni wanita bernama Ms Huang yang harus dirawat di Nanjing Hospital akibat matanya setengah buta usai menonton drama Korea 18 episode secara beruntun.

Nah pada hari Sabtu (12 Maret 2016), Departemen Keamanan Publik China pun terpaksa mengunggah peringatan terhadap bahaya menonton drama Korea, khususnya yang berjudul Descendants Of The Sun di situs Weibo resmi mereka.

"Sebuah fandom besar drama Korea berjudul Descendants Of The Sun yang dibintangi Song Joong Ki, telah muncul dan mulai mengudara di Korea dan China.
Sangat mudah untuk melihat bahwa banyak yang telah jatuh cinta dengan laki-laki yang menyanyikan lagu soundtrack drama ini," katanya, seraya memperingatkan bahwa "menonton drama Korea bisa berbahaya, dan bahkan menyebabkan masalah hukum."

Drama seri Descendants Of The Sun, bakal ditayangkan sebanyak 16 episode awal di TV KBS2 dengan latar belakang operasi militer di sebuah negara fiktif dan dibintangi aktor Song Joong Ki dan aktris Song Hye Kyo, sementara ini tercatat telah mengumpulkan total 440 juta view di platform video online  di China, iQiyi.

Jumlah total view ini, telah mengalahkan drama seri TV asal Korea juga, My Love From The Star (disiarkan pada 2014 di stasiun televisi SBS), seperti dilansir dari surat kabar Taiwan, China Times, pada Minggu (13/3/2016).

Dan perlu diketahui pula bahwa korban pertama, warga China yang terkena serangan jantung akibat menonton drama Korea, ternyata dia menonton judul drama tadi, yakni My Love From The Star.

Adapun dalam Weibo postingannya atas peringatan terhadap efek berbahaya dari menonton drama Korea, kementerian menawarkan contoh beberapa kasus yang ekstrim.

Seperti pasangan yang bercerai karena drama Korea. Lalu seorang pria yang melakoni operasi plastik untuk merebut kembali hati istrinya yang dikalahkan oleh protagonis laki-laki dari drama Korea yang ditonton.

Semua contoh tadi untuk menggambarkan "potensi masalah" yang dihadapi oleh mereka yang menonton drama Korea.

Seperti diketahui, drama Korea Descendants Of The Sun, dirilis secara bersamaan di Korea dan China, di mana iQiyi telah membeli hak siarnya secara online.

Drama seri televisi ini juga mendapatkan popularitas di Korea, tercata 14,4 persen jumlah pemirsa dengan episode pertama yang ditayangkan pada 24 Februari.

Dan mencapai 28,5 persen jumlah pemirsa untuk episode keenam yang ditayangkan pada tanggal 10 Maret, menurut AGB Nielsen, sebuah perusahaan peringkat televisi ternama dunia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemerintah China Keluarkan Peringatan Bahaya Nonton Drama Korea"

Post a Comment